Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

industri karet indonesia

Ekonomi Berangsur Pulih, Industri Karet Indonesia Siap Bangkit Kembali

Setelah mengalami keterpurukan dalam beberapa bulan terakhir akibat dampak dari pandemi COVID-19, kali ini Industri Karet Indonesia siap untuk bangkit kembali.

Hal ini terbukti dari pernyataan Dewan Karet Indonesia (Dekarindo) yang menyatakan bahwa kondisi industri karet di Indonesia pada awal tahun 2021 mendapatkan pemulihan ekonomi dari wabah pandemi COVID-19.

Bahkan, permintaan di bulan Januari 2021 meningkat sekitar 5-6 % dari yang sebelumnya berada di bawah 5%. Ini merupakan awal yang baik untuk mengembalikan semangat para pelaku indsutri di bidang karet untuk membangun kembali kejayaan Industri Karet Indonesia.

Meningkatnya Permintaan China Pada Industri Karet Indonesia

Seperti yang disebutkan, naiknya permintaan produksi karet kemungkinan disebabkan oleh adanya kenaikan permintaan ban dari Negeri Tirai Bambu atau China sekitar 5-10 persen di awal tahun 2021. Ini berarti kondisi industri otomotif China pun sudah mulai berangsur membaik.

Hal baik ini pun rupanya tak hanya terjadi di ekspor, namun juga di dalam negeri. Industri karet Indonesia mendapat permintaan impor dari industri sepeda motor meski untuk industri roda empat atau mobil masih belum mendapatkan permintaan seperti yang diharapkan. 

Industri Karet Indonesia Kaget Harga Karet Alam Naik Selama Pandemi

Selain dampak wabah pandemi, adapula dampak lain yang menyebabkan industri karet Indonesia mengalami keterpurukan dalam beberapa bulan terakhir. Yakni adanya penyakit gugur daun karet (GDK).

Namun tak disangka, adanya penyakit gugur daun karet justru membuat harga karet di petani membaik padahal menurut data, volume produksi karet alam di beberapa negara penghasil karet pada kuartal IV tahun 2020 kemarin mengalami penurunan sekitar 2,4 persen.

Misalnya saja, harga karet dengan sertifikat Standard Indonesian Rubber (SIR) 20 naik hingga 28 persen menjadi US$ 1,6/kg nya. Sedangkan untuk harga getah karet atau lateks naik sekitar 22,82 persen ke kisaran US$ 2,7/kg. 

Pulihnya Perekonomian Industri Karet Indonesia

Dilanda rasa cemas selama kurun waktu hampir satu tahun ini, para industri karet Indonesia mendapatkan kabar yang menggembirakan dengan pulihnya sektor perekonomian di Indonesia yang tentu akan berdampak baik pada produksi karet di Indonesia.

Meski wabah pandemi belum berakhir, namun dengan adanya pemulihan ini diharapkan industri karet Indonesia semangat untuk bangkit kembali dari keterpurukan. 

Dapatkan informasi seputar karet ter-update di website dan instagram kami.