Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

Penghasil Karet

Indonesia Masuk 3 Besar Daftar Negara Penghasil Karet Terbesar di Dunia

Tidak bisa dipungkiri, kekayaan alam yang melimpah dan tanah yang subur menjadi anugerah bagi Ibu Pertiwi. Banyak hasil perkebunan kita yang jadi komoditas ekspor. Bahkan, kita bisa menembus 3 besar daftar negara penghasil karet terbesar di Dunia dengan menempati urutan ke 2 setelah Thailand. 

Karet alam menjadi salah satu komoditas terbesar di Indonesia setelah kelapa sawit. Dilansir dari laporan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, luas lahan perkebunan karet di Indonesia mencapai 3,6 juta hektar. 

Sejarah Indonesia Sebagai Negara Penghasil Karet Terbesar Kedua di Dunia

Sejak tahun 1864, pohon karet di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh Hofland pada masa kolonial Belanda. Awalnya, pohon karet tersebut jumlahnya terbatas dan hanya digunakan sebagai tanaman koleksi di Kebun Raya Bogor. Namun, Indonesia mulai mengembangkan karet menjadi perkebunan hingga bisa menjadi salah satu penghasil karet terbesar seperti saat ini.

Indonesia pun pernah menjadi penghasil karet alam terbesar pertama di dunia pada tahun 1956. Tahun tersebut menjadi puncak kejayaan Indonesia dalam sektor perkebunan karet nya. Namun, setahun berikutnya, posisi puncak tersebut harus tergeser oleh Malaysia.

Perkebunan Karet Jadi Komoditi Terbesar Kedua Setelah Kelapa Sawit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, komoditi karet memegang posisi kedua sebagai komoditi terbesar di Indonesia setelah komoditi kelapa sawit. Secara keseluruhan, total luas perkebunan karet di Indonesia per 2019 silam mencapai 3.683,5 ribu hektar dan total produksi mencapai 3,449 juta ton. 

Dari total produksi tersebut, Indonesia menjadi negara penghasil karet dengan tujuan ekspor ke berbagai dunia seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Turki, Cina, India, Jerman hingga Brasil sekitar 80% persen hasil karet.

Sementara itu, untuk provinsi yang jadi penghasil karet terbesar di Indonesia ada di provinsi Sumatera Selatan dengan luas area perkebunan mencapai 861,6 ribu hektar dan produksi karet mencapai 945,0 ribu ton menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 silam.

Indonesia sendiri sudah mengalami perkembangan peningkatan jumlah ekspor karet yang signifikan sejak tahun 2014 dan semoga angka ini akan terus merangkak naik mengingat Indonesia menjadi negara kedua terbesar penghasil karet di Indonesia.

Kunjungi Website dan Instagram kami untuk perbaharui informasi seputar industri karet.