Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

rubber for healthcare

Kateter Foley, Jenis Rubber for Health Care Untuk Bantu Keluarkan Urine

Industri karet memiliki peran penting sebagai bahan baku pada proses produksi alat-alat kesehatan (health care). Salah satu yang mengandalkan bahan karet dalam proses produksinya adalah kateter foley atau biasa disebut kateter balon, merupakan alat medis berupa tabung kecil yang fleksibel untuk membantu pasien yang hendak melakukan operasimaupun pasien yang memiliki penyakit kesulitan untuk mengeluarkan urin dari kandung kemih. Sebagian besar produksi jenis rubber for health care ini menggunakan karet alam yang dilapisi dengan karet silicon untuk menghilangkan resiko encrustion atau kerak.

Siapa Saja yang Membutuhkan Kateter Foley

Kateter foley biasanya diperlukan untuk seseorang yang akan melakukan proses operasi dan seseorang yang sedang sakit, khususnya bagi mereka yang tidak mampu untuk mengosongkan kandung kemih nya. Jika kandung kemih tidak dikosongkan akan menyebabkan air kencing menumpuk pada ginjal dan efek buruknya dapat menyebabkan kerusakan yang berakibat fatal pada gagal ginjal.

Jenis rubber for health care ini memiliki sebuah selang yang disebut selang kateter. Selang kateter ini memiliki bentuk pipa yang terbuat dari karet atau plastik. Fungsinya adalah untuk memasukkan dan mengeluarkan cairan dari kandung kemih. 

Jenis-Jenis Kateter Foley yang Digunakan Untuk Proses Medis

Ada beberapa jenis kateter foley yang sering tenaga medis gunakan dalam proses medis, seperti kateter plastik yang fungsinya bersifat sementara, karena menggunakan bahan plastik jadi mudak rusak dan tidak fleksibel. Biasanya kateter plastik digunakan untuk seseorang yang hanya mengalami sakit dengan kondisi tidak kronis, kateter lateks yang pemakainnya jangka waktu sedang atau kurang dari 3 minggu, kateter silicon murni untuk penggunaan jangka waktu 2-3 bulan, dan kateter logam untuk pengosongan sementara dan biasanya diperuntukkan para ibu hamil untuk mengosongkan kandung kemihnya sebelum melakukan proses persalinan. Sebagian besar jenis kateter menggunakan bahan baku karet yang mana ini menunjukkan betapa pentingnya rubber for healthcare ini. 

Prosedur Penggunaan Kateter Foley

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, jenis rubber for health care yang berfungsi mengeluarkan cairan urin ini memiliki sebuah alat untuk memasukkan dan mengeluarkan nya dari kandung kemih, yakni selang kateter. Namun bagaimana cara penggunaannya?

  1. Pemasangan harus steril dan memiliki izin dari dokter pasien terkait yang merekomendasikan
  2. Perawat akan membuka dan membersihkan alat kelamin dan peralatan kateterisasi
  3. Selang kateter dilubrikasi dengan pelumas tertentu agar mudah saat dimasukkan ke saluran uretra
  4. Selang kateter dimasukkan hingga mencapai leher kandung kemih pasien, sekitar 5 cm. 
  5. Pasien sudah bisa langsung buang air kecil menggunakan selang kateter.

Penggunaan kateter foley ini hanya diperlukan sampai pasien mendapatkan kembali kemampuannya untuk buang air kecil secara normal. Temukan informasi lannya mengenai industri karet di sini dan Instagram KGI.