Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

teknik rubber dipping

Mengenal Teknik Rubber Dipping dan Cara Prosesnya

Setiap produk karet dibuat dengan teknik dan proses yang berbeda, sesuai dengan spesifikasi dan bentuk yang diinginkan. Ketebalan dan kelenturan suatu produk juga menjadi pertimbangan akan memakai teknik apa dalam pembuatannya. Untuk pembuatan produk karet semacam sarung tangan karet yang memiliki ketebalan rendah dan kelenturan yang tinggi, digunakan suatu proses produksi karet yang disebut dengan teknik rubber dipping. Lantas, apa itu teknik rubber dipping dan bagaimana prosesnya dilakukan?

Apa itu Teknik Dipping?

Secara sederhana, teknik rubber dipping adalah proses manufaktur produk karet dengan cara merendam terlebih dahulu cetakan yang telah dibentuk sedemikian rupa ke dalam cairan lateks, kemudian perlahan-lahan mengeluarkan cetakan tersebut dari cairan lateks tadi sehingga akhirnya terdapatlah lateks yang menempel dan membentuk sesuai bentuk cetakannya.

Ketebalan produk karet dapat ditingkatkan dengan pengulangan proses dipping. Pembentukan produk diselesaikan dengan pencucian, pengeringan, dan jika perlu dilakukan perawatan yang tepat seperti vulkanisasi. Produk juga mungkin mengalami pasca perawatan sesuai kebutuhan. Beberapa produk yang dapat dihasilkan dengan menggunakan teknik rubber dipping ini yaitu part replacement tensimeter seperti bladder, bulb, dan coiled tube, juga peralatan medis seperti sarung tangan medis karet.

Tangki Teknik Dipping

Tangki pencelup lateks adalah semacam wadah yang digunakan dalam pembuatan produk karet menggunakan teknik rubber dipping. Untuk setiap kategori produk karet seperti sarung tangan dan bladder tensimeter menggunakan konsentrasi atau kandungan lateks yang berbeda. Bentuk tangki untuk teknik ini juga memiliki beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut.

  1. Tipe standar, yaitu untuk produk karet sarung tangan pemeriksaan dan bedah.
  2. Tipe sirkulasi yang kuat, yaitu untuk produksi sarung tangan rumah tangga dan industri yang menggunakan lateks dengan tingkat konsentrasi tinggi.
  3. Tipe custom, yaitu untuk tingkat konsentrasi lateks yang berbeda dengan fungsi pencegahan pengendapan.

Teknik dipping sangat cocok untuk pembuatan sarung tangan karet atau part tensimeter seperti bladder dan bulb karena tidak perlu menggunakan tekanan yang kuat dan dapat membentuk lateks yang presisi sesuai keinginan. Kobe Global International sebagai industri manufaktur karet ternama juga mampu secara mahir memproduksi produk karet dengan menggunakan teknik dipping. Pastinya kami mampu berkomitmen untuk memberi solusi tepat terhadap kebutuhan produk karet Anda. Anda dapat mengetahui info lebih lanjut mengenai Kobe Global International melalui Instagram kami. Untuk pemesanan, silakan Anda hubungi ke nomor di (+62) 812-8574-0322 (WA) atau kunjungi website kami di sini.