Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

Pengolahan Kobe Crepe dan Jenis-Jenisnya

Karet crepe merupakan salah satu produk yang dibuat dari lateks atau dari hasil mangkuk karet yang diambil dari pohon karet. Jenis karet ini seringkali dilakukan dengan metode tradisional yang hasilnya tidak jauh berbeda dengan karet lembaran. Namun, perbedaan yang cukup signifikan dari pembuatan crepe ini adalah adanya penghapusan pigmen karotenoid kuning yang ada dalam lateks. Kobe Global International juga menyediakan produk kobe crepe sesuai kebutuhan Anda.

Proses Pengolahan Kobe Crepe

Pada pengolahannya, pembuatan crepe ini dibagi ke dalam dua tahapan. Tahapan pertama yang dilakukan adalah dengan proses koagulasi untuk menghasilkan komponen produk karet yang bagus dan stabil. Sementara untuk tahap selanjutnya adalah tahap fraksi. Fraksi ini merupakan sebuah proses pembuatan bahan baku  lateks kuning menjadi crepe dengan warna yang lebih pucat.

Setelah proses koagulasi dan pembentukan gumpalan karet alam sudah terbentuk, gumpalan tersebut diproses dengan melakukan pencucian kemudian dimasukkan ke dalam mesin rol yang diputar dengan kecepatan tertentu. Setelah diputar, crepe pun akan dibentuk menjadi sebuah lembaran yang agak tebal.  Crepes yang sudah dihasilkan pun kemudian dikeringkan menggunakan mesin pengeringan atau secara konvensional di area terbuka.

Jenis-jenis Crepe

Pada dasarnya, crepe merupakan produk karet yang berbentuk seperti lembaran namun agar tebal. Selain itu, crepe ini pun dibedakan kembali menjadi beberapa jenis lainnya sesuai warna hingga ketebalannya. Beberapa jenis Kobe crepe adalah sebagai berikut:

  1. White crepe atau pale crepe, sesuai namanya, jenis crepe ini berwarna putih. Untuk ukurannya ada yang tebal maupun tipis.
  2. Estate brown crepe, merupakan salah satu jenis crepe yang mempunyai warna kecoklatan. Biasanya crepe ini dihasilkan langsung oleh perkebunan yang besar.
  3. Compo crepe atau jenis crepe yang dibuat dari lump, scrap pohon atau slab
  4. Thin brown crepe remilis, jenis crepe ini lebih tipis dari yang lainnya karena mengalami penggilingan ulang dan mempunyai warna coklat.

Selain beberapa jenis crepe tersebut, ada pula jenis lainnya seperti thick blanket crepes ambers dengan kualitas lebih baik, flat bark crepe, pure smoked blanket crepe, hingga off crepe yang teksturnya beku dan kuat.  Beberapa jenis kobe crepe ini bisa Anda dapatkan di Kobe Global International.

Post a Comment