Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

Proses Vulkanisasi Karet Alam untuk Siap Digunakan

Karet yang berasal dari getah pohon karet merupakan polimer alami yang memiliki struktur molekul melingkar. Struktur tersebut memungkinkan karet yang sudah berbentuk padat memiliki elastisitas untuk kembali ke bentuk semula setelah direnggangkan. Sifat elastis tersebut, diakibatkan dari kemampuan karet untuk meregangkan rantai terpisah dan setelah dilepaskan ikatan rantai kembali ke bentuk semula. Karet yang ditemui di alam ketika kemudian diolah, biasanya memiliki sifat-sifat bahan yang kurang cocok digunakan untuk bahan-bahan tertentu. Hal tersebut seperti mudah meleleh ketika terkena panas, ataupun mudah mengeras ketika terkena dingin dan tidak tahan minyak. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu proses vulkanisasi agar sifat-sifat karet sesuai dengan apa yang diharapkan.

 

Proses Vulkanisasi Karet

Untuk memperbaiki sifat-sifat karet agar bisa digunakan untuk jangka panjang maka diperlukan suatu proses untuk memodifikasi. Proses tersebut dinamakan vulkanisasi. Ialah Charles Goodyear yang pertama kali menginisiasi untuk mencampur bahan karet dengan sulfur. Pencampuran tersebut menghasilkan sifat karet menjadi lebih keras, tahan terhadap suhu panas ataupun dingin, dan elastisitasnya meningkat. Penambahan sulfur mengubah rantai karet yang asalnya pendek menjadi panjang. Bahan baku karet yang telah dicampur sulfur inilah yang umumnya digunakan untuk menghasilkan barang-barang jadi lainnya.

Proses vulkanisasi selain membutuhkan sulfur, dibutuhkan pula energi panas dari luar. Energi panas tersebut biasanya dihasilkan oleh mesin giling Semakin besar jumlah panas yang diberikan ke dalam material karet semakin cepat pula proses vulkanisasi.

Karet alam adalah cairan semi alamiah yang memiliki kekentalan sangat tinggi. Meskipun begitu, karet alam perlu dimodifikasi sedemikian rupa agar dapat dibentuk dan memiliki sifat-sifat karet yang diinginkan untuk membuat suatu barang. Maka tak heran penggunaan karet bisa kita temukan sehari-hari dari mulai kabel hingga ban pesawat terbang.

Baca juga: https://www.kobeglobal.com/aspal-karet-meningkatkan-konsumsi-karet-alam-dalam-negeri/

Post a Comment