Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

rubber for transportation

Rubber Coupling, Komponen Penting dalam Rubber For Transportation

Dalam Rubber for Transportation, rubber coupling merupakan bagian komponen dari coupling. Keduanya memiliki kinerja yang saling terikat dan terkait satu sama lain. Dalam sebuah kinerja mesin, rubber coupling memiliki peranan yang penting.

Lalu seperti apakah jenis Rubber for Transportation yang satu ini? Bagaimanakah fungsi dan cara kerja nya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Rubber Coupling?

Rubber coupling adalah suatu komponen dimana menghubungkan dua shaft untuk menyalurkan suatu gerak atau torsi. Dalam Rubber for Transportation, rubber coupling sering juga disebut dengan power transmission. Sesuai dengan bahannya, rubber coupling memiliki material karet yang memiliki ketahanan yang cukup kuat dan bagus. 

Dalam penggunaannya, rubber coupling dianjurkan untuk menggunakan pelumas agar memperlancar gerak dan penggunaan. Maka dari itu, material rubber coupling harus mampu tahan terhadap pelumas.

Fungsi dan Cara Kerja Rubber Coupling

Jenis Rubber for Transportation ini sering digunakan dalam temperatur yang cukup tinggi. Jadi, selain perlu tahan dengan pelumas, rubber coupling juga harus mampu tahan terhadap suhu panas sehingga umur penggunaannya dapat bertahan lama. 

Cara kerja dari rubber coupling pun sangatlah sederhana. Hubungkan shaft yang digerakkan dan shaft yang menggerakan pada ujung coupling. Saat awal shaft bekerja atau berputar, shaft akan mengalami sedikit hentakan di coupling. Nah pada saat itu lah fungsi coupling bekerja untuk meredam hentakan yang terjadi saat shaft bergerak agar tidak mudah rusak.

Bahan Dasar Rubber Coupling

Untuk menunjang rubber coupling yang perlu memiliki ketahanan terhadap pelumas dan suhu panas, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jenis Rubber for Transportation pun memiliki karakteristik yang sesuai seperti Karet NBR (Natural Black Rubber), Karet Viton, Karet Silikon dan lainnya.

Meskipun memiliki fungsi untuk meredam hentakan, dalam pemanfaatannya bagi rubber for transportation, seringkali rubber coupling mengalami masalah teknis. Biasanya terjadi karena bantalan karet sudah habis sehingga muncul gesekan langsung antara metal dengan metal yang menyebabkan kerja mesin terganggu.

Untuk itu, mengontrol rubber coupling wajib untuk Anda lakukan sebelum menggunakannya. Informasi dan pemesanan Rubber Coupling di Kobe Global International, bisa langsung kunjungi website atau Instagram kami.