Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

Ban vulkanisir

Simak Kelebihan dan Kekurangan Ban Vulkanisir Sebelum Memakainya

Vulkanisir ban atau retreading merupakan proses remanufaktur ban untuk menambah umur ban yang telah digunakan. Ban kendaraan yang sudah gundul dapat diperbaiki dengan proses vulkanisir. Ban vulkanisir dibuat dengan cara melapisinya kembali dengan kembang ban (alur ban) berupa kompon karet, sehingga ban akan terlihat seperti baru lagi. Ban hasil vulkanisir banyak diminati orang-orang yang mau mengganti ban dengan harga yang ekonomis, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli ban yang baru.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan ban vulkanisir, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan seputar vulkanisir ban. Simak penjelasannya di bawah.

Kelebihan Ban Vulkanisir

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ban vulkanisir memiliki keunggulan dalam hal biaya, yaitu lebih terjangkau ketimbang membeli ban yang baru. Secara penggunaan, hanya 30 persen dari keseluruhan bagian ban saja yang digunakan, yaitu bagian terluar dan lapisan ban yang bersentuhan langsung dengan struktur jalan atau medan. Bagian ban yang rusak atau gundul itulah yang termasuk ke 30 persen dari keseluruhan bagian ban.

Dengan lebih memilih vulkanisir ban ketimbang membeli ban yang baru, maka akan menekan pemborosan membeli 70 persen dari harga ban tersebut. Hal ini sangat menguntungkan apalagi bagi para pengendara kendaraan besar seperti truk atau bus, karena ban kendaraan besar pastinya mematok harga yang cukup besar. Dengan lebih memilih ban hasil vulkanisir, pastinya dapat menekan biaya pembelian ban baru. Ban yang melalui proses vulkanisir juga memiliki kekuatan yang hampir sama dengan ban yang baru. Jadi, kalau urusan kualitas tidak akan terlalu jauh.

Kekurangan Memakai Ban Hasil Vulkanisir

Di samping kelebihan-kelebihannya, ban hasil vulkanisir juga memiliki beberapa kekurangan. Penggunaan ban vulkanisir pada truk disarankan untuk dipasangkan pada bagian sisi belakang truk atas pertimbangan keamanan berkendara. Kalau dipasangkan pada bagian depan ban, dikhawatirkan tapak ban hasil vulkanisir akan terlepas. Hal ini disebabkan karena ban di bagian depan memiliki pergerakan yang lebih dinamis, misalnya untuk berbelok.

Kelebihan dan kekurangan dari ban vulkanisir tersebut bisa jadi pertimbangan Anda, apakah lebih memilih vulkanisir ban atau membeli ban baru. Namun, yang terpenting adalah memilih perusahaan vulkanisir ban yang terbaik dan dikenal memiliki kualitas yang tinggi. Kobe Global International merupakan perusahaan yang terkenal memiliki kualitas unggul dalam urusan manufaktur karet. Untuk info selengkapnya, Anda bisa hubungi kami di 081285740322. Temukan juga informasi menarik lainnya di Instagram dan website kami.