Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

Mesin Centrifuge

Tingkatkan Kualitas Produksi Karet dengan Mesin Centrifuge

Mesin Centrifuge mulai digunakan sejak tahun lalu saat Pemerintahan Banyuasin mencoba untuk meningkatkan kualitas produksi karet di kota nya. Hasilnya pun benar terasa, kualitas karet rakyat menjadi lebih baik sehingga berdampak pula terhadap peningkatan harga jual.

Pemerintah Indonesia sendiri memang tengah menggalakan produksi karet dengan kualitas yang lebih baik menggunakan bantuan mesin centrifuge.

Lalu seperti apa cara kerja dari mesin ini? Mari kita ulas bersama-sama.

Ubah Karet Jadi Lateks Dengan Mesin Centrifuge

Pada umumnya, centrifuge ialah mesin yang sering digunakan untuk mengkoagulasi atau memisahkan zat-zat dalam suatu koloid, dalam konteks ini bisa berupa getah atau lem yang dilakukan dengan cara mekanik.

Satu mesin mampu menghasilkan 4 ton latex yang mana hal ini jelas sangat menguntungkan bagi para petani karet untuk menjual hasilnya. Bahkan, potensi keuntungan dari mengubah produksi karet menjadi lateks dengan menggunakan mesin ini bisa mencapai Rp. 500.000 per ton.

Cara Kerja Mesin Centrifuge

Umunya, cara kerja dari mesin pemisah ini dengan memanfaatkan gaya sentrifugal pada suatu benda berputar. Sentrifugal gaya putar yang menjauhi pusat lingkaran sehingga pada suatu cairan. Partikel besar akan secara otomatis menjauh sedangkan partikel kecil akan berkumpul dan membentuk endapan di bagian tengah cairan.

Indonesia Perlu Tingkatkan Kualitas Produksi Karet

Berawal dari Pemerintah di Musi Banyuasin yang prihatin dengan rendahnya harga jual karet petani di daerah mereka membuat Pemerintah memutar otak bagaimana caranya untuk membantu produksi karet warganya agar bisa memiliki nilai jual yang tinggi.

Hingga akhirnya tercetuslah pemanfaatan alat mesin centrifuge yang diharapkan bisa membantu meningkatkan kualitas produksi karet warga mereka dan hasil yang diinginkan pun benar terwujud. Pemerintah Musi Banyuasin pun memberikan bantuan mesin centrifuge untuk menunjang kebutuhan produksi karet di daerahnya yang lebih baik.

Ini menunjukkan betapa Pemerintah Indonesia perlu berkaca pada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin untuk meningkatkan kualitas produksi karet di Indonesia. Dengan begitu, industri karet di Indonesia dapat berkembang Makmur secara keseluruhan.

Untuk dapatkan informasi mengenai karet dan jika Anda membutuhkan tempat untuk produksi karet atau perlengkapan yang membutuhkan bahan-bahan karet, silahkan kunjungi website dan Instagram kami.