Kobe | Rubber Manufacture Indonesia

sterilisasi alat kesehatan

Tips Melakukan Metode Sterilisasi Alat Kesehatan Berbahan Karet

Sterilisasi alat kesehatan menjadi aktivitas yang penting dilakukan untuk menjaga kondisi alat medis dalam keadaan bersih, higienis dan steril sebelum digunakan untuk berbagai tindakan medis.

Selain itu, aktivitas sterilisasi dilakukan juga untuk mencegah alat-alat medis dari berbagai kerusakan, mencegah tumbuhnya bakteri, mencegah terjadinya infeksi silang dan berbagai kemungkinan buruk lainnya.

Proses sterilisasi alat kesehatan disesuaikan dengan jenis bahan dan komposisi dari alat medis untuk efektivitas dan menjaga kualitasnya. Kali ini kita akan membahas tips bagaimana melakukan proses sterilisasi alat kesehatan berbahan karet (rubber).

Persiapkan Bahan-Bahan Pendukung Untuk Membersihkan Alat Medis

Jika Anda sudah mempersiapkan alat-alat medis berbahan karet yang akan dibersihkan seperti bladder, bulb, stetoskop, infusion set, gloves dan alat lainnya. Langkah pertama untuk memulai sterilisasi alat kesehatan adalah menyediakan beberapa bahan dan alat pendukung untuk membersihkannya.

Bahan-bahan pendukung tersebut antara lain kain kasa, lap kering, larutan desinfektan, sabun cuci, sikat halus, baskom berisi air bersih dan sterilisator. Karena alat medis yang akan dibersihkan adalah alat-alat berbahan karet, maka sediakan pula 2 bahan pendukung tambahan yakni spuit serta kapas dan tempatnya.

Proses Pembuatan Konsentrasi Cairan Desinfektan Gigasept

Langkah selanjutnya adalah membuat konsentrasi cairan desinfektan. Proses ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi silang.

Pertama, ambil larutan Gigasept sebanyak 30ml kemudian siapkan air bersih sekitar 970ml. Campurkan larutan Gigasept dengan air sehingga menghasilkan 1lt cairan desinfekstan 3%.

Setelah itu, bersihkan terlebih dahulu alat-alat medis dengan cairan sabun dan sterilkan dengan pemanasan kering. Angkat lalu kemudian pindahkan alat-alat medis dengan korentang steril ke tempat penyimpanan.

Proses Sterilisasi Alat Kesehatan Berbahan Karet

Step akhir yaitu bersihkan semua alat-alat medis dengan kapas. Untuk bagian dalam nya, Anda bisa membersihkannya dengan menyemprotkan air dari spuit atau air yang mengalir kemudian pijit perlahan agar kotoran dapat terangkat.

Setelah itu, rendam cairan desinfektan selama kurang lebih 2 jam sambal Anda mendidihkan air di dalam sterilisator. Jika sudah mendidih, masukan alat-alat yang telah direndam oleh cairan desinfektan ke dalam dan biarkan selama 5-10 menit.

Terakhir, angkat dan simpan pada tempatnya.

Itulah dia tips dalam melakukan proses sterilisasi alat kesehatan berbahan karet. Untuk Anda yang membutuhkan jasa produksi alat-alat kesehatan berbahan karet, Kobe Global Internasional siap menjadi tempat terpercaya untuk Anda.

Kunjungi kami di website dan Instagram!